Pelajaran Hidup Dari Seorang Clarence Seedorf


Clarence "Professor" Seedorf




Pesepak bola yang satu ini emang legend bgt gan, bayangin aja doi satu-satunya pesepak bola yang bisa meraih trofi juara LC 3x dengan 3 tim berbeda. Salut dah buat Seedorf. Mari kita petik pelajaran dari pemain berkebangsaan Belanda yang dijuluki "Professor" oleh para Milanisti ini.

Quote:

10 Pelajaran Hidup dari Professor Seedorf
Spoiler for #1 Go Easy With Your Boss:
Menurut Seedorf, kita gak boleh menilai seseorang sebelum kita bekerja sama dan mengalami momen-momen sulit bersamanya. Nasehat Seedorf untuk kita adalah mau menjadi pribadi yang "support" kepada orang lain, khususnya bagi orang baru.
Spoiler for #2 Komunikasi Itu Penting:
Banyak orang bilang bermain sepak bola gak perlu pake bicara karena yang akan berbicara adalah kaki-kaki para pesepak bola. Namun menurut Seedorf, komunikasi itu sangat penting karena sebuah tim membutuhkan komunikasi antar pemain. Di kehidupan nyata pun begitu, banyak manusia salah paham karena komunikasi yang buruk.
Spoiler for #3 Miliki Rencana Masa Depan:
Mungkin banyak dari kita yang tidak tahu kalau Seedorf punya rencana 25 tahun-an sebagai pemain sepak bola sejak dia masih muda. Selain itu doi juga sudah punya rencana akan melakukan apa setelah berhenti dari bermain sepak bola.
Spoiler for #4 Bekerja Cerdas:
Paham kapan harus kerja keras, dan kapan harus istirahat.
Spoiler for #5 Kekuatan Pikiran:
Menurut Seedorf, badannya adalah alat yang bisa bergerak karena pikiran. Menjaga keduanya tetap seimbang adalah hal penting.
Spoiler for #6 Mampu Beradaptasi:
Menurut Seedorf, kita harus bisa beradaptasi di lingkungan baru, bukan mengharapkan orang lain/lingkungan yang beradaptasi untuk kita.
Spoiler for #7 Passion:
Miliki passion terhadap apa yang kita lakukan. Menurut Seedorf,passion adalah vitamin untuk melakukan sesuatu.
Spoiler for #8 Sedia Payung Sebelum Hujan:
Jangan tunggu sampai anda sakit untuk merawat tubuh anda. Yang saya lakukan adalah memastikan bahwa saya istirahat di waktu yang tepat, dan berlatih dengan porsi yang pas.
Spoiler for #9 Be The Best:
Saya selalu menginginkan untuk mengakhiri karir sepak bola saya di posisi puncak sebagai seorang pesepak bola.
Spoiler for #10 Jangan Terlalu Serius:
Jangan menjadikan sesuatu terlalu serius. Bagi seedorf,sepak bola bukanlah segala-galanya, sepak bola hanyalah bagian dari hidupnya.
Sumber:
http://www.askmen.com/top_10/sports/top-10-life-lessons-from-soccer-with-clarence-seedorf.html