Tweet |
Tidak sedikit pemimpin yang gagal dalam menjalankan perannya, bahkan banyak pula pemimpin yang tidak disenangi oleh para karyawannya hanya karena kebijakannya kurang tepat. Oleh karena itu penting bagi seorang pemimpin untuk mengetahui tips sukses menjadi pemimpin baik, berikut informasinya ::peace:
Harus memiliki tujuan
Seorang pemimpin yang bak, harus memiliki visi dan misi, serta tujuan
yang jelas. Ibarat sebuah kapal, seorang pemimpin adalah nahkoda yang
memiliki tujuan kemana kapal tersebut akan berlabuh. Selanjutnya
pemimpin yang baik wajib menyampaikan tujuan, visi dan misinya kepada
seluruh anggota. Agar karyawan memiliki motivasi untuk mencapai target
yang sama, sehingga pemimpin bisa memberikan bimbingan untuk menggerakan
timnya menuju tujuan yang telah ditentukan.
Memiliki karakter yang kuat:elegan:
Biasanya pemimpin yang sukses memiliki karakter yang kuat. Selalu berani
mengambil tantangan, dan yakin bahwa resiko yang diambilnya akan
memberikan keuntungan bagi timnya. Walaupun tak jarang pemimpin ini
banyak dicela orang, karena keberaniannya mengambil resiko. Namun jangan
salah, pemimpin ini selalu berpikir untuk memberikan inovasi ke depan,
agar timnya berhasil menjadi pionir bukan menjadi follower.
Sigap dan selalu fokus
Pemimpin baik akan cepat bertindak dalam segala hal, baik dalam kondisi
mendesak maupun kondisi normal seorang pemimpin harus bisa mengambil
keputusan dengan tepat dan cepat.
Disamping itu pemimpin juga harus fokus terhadap tujuannya, pisahkan
antara prioritas utama dengan prioritas jangka panjang. Ini sangat
penting, karena berpengaruh terhadap kerja tim. Jangan sampai mereka
bingung, tugas mana yang menjadi target utama untuk mereka selesaikan.
Sigap terhadap perubahan lingkungan memang penting, namun jangan sampai
melupakan fokus utama Anda.
Kenali kelebihan dan kekurangan tim:???:
Sebelum mengenali kelebihan dan kekurangan tim, sebaiknya seorang
pemimpin berbesar hati untuk mengakui kekurangan dan kelebihannya dalam
memimpin. Jangan sampai menjadi pemimpin yang angkuh dan tidak mau
mengakui kesalahannya, karena akan memberikan contoh buruk bagi para
anggotanya. Disamping itu kenali kelebihan dan kekurangan masing –
masing anggota tim, ini bertujuan untuk mengembangkan potensi para
anggota sesuai dengan kelebihan yang mereka miliki.
Rendah hati:hi:
Walaupun seorang pemimpin jabatannya lebih tinggi, namun bukan berarti
tidak bisa membaur dengan anggota tim. Sempatkan waktu untuk turun
langsung melihat anggota tim, dan mengenal masing – masing anggota untuk
mempermudah komunikasi antara karyawan dan pemimpin. Hubungan
komunikasi yang baik antara bawahan dan atasan, akan memperlancar
kerjasama dan meningkatkan loyalitas anggota tim.
Dengarkan dan berikan pengakuan bagi anggota tim
Ada kalanya seorang pemimpin belajar mendengarkan pendapat dari anggota
timnya, agar pimpinan tidak memutuskan segala hal secara sepihak yang
memungkinkan para anggota sebenarnya tidak sepaham dengan keputusan
pimpinan. Dan yang terakhir berikan pengakuan atas kontribusi yang telah
diberikan oleh anggota tim Anda. Tunjukan bahwa Anda menghargai kerja
keras mereka.
0 komentar: